Kamis, 20 September 2007

bajakan?? INDIA bangeeet...

Fren.. komputer bajakan g cuma di Indonesia, penduduk India pun ternyata gemar membeli komputer rakitan. Menurut Ravichandran .R, direktur penjualan Intel Asia Selatan, komputer rakitan mempunyai pangsa pasar signifikan di India yaitu sebanyak 45 persen dari seluruh komputer yang terjual di sana.

Menurut riset dari perusahaan penelitian International Data Corporation (IDC), pasar komputer India sendiri mencapai angka penjualan 5 juta unit tahun lalu. Komputer rakitan tanpa merek tersebut populer di kota-kota kecil India karena harganya yang relatif murah. Di samping itu, pembuat komputer rakitan biasanya juga tak segan memberikan bantuan langsung kepada konsumen mereka sehingga produk ini makin digemari.

Di sisi lain, menurut Kapil Dev Singh, manajer IDC, komputer rakitan memang masih akan terus eksis. Namun, ketika harga komputer bermerek semakin turun, pangsa pasar komputer rakitan pun kemungkinan akan tergerus. Sementara, sejauh ini pembuat komputer rakitan belum mau membuat laptop rakitan juga. Seperti saya baca di detiknet, mereka hanya turut menjual ulang laptop bermerek yang diproduksi perusahaan India maupun perusahaan multinasional.

Walhasil, masih menurut IDC, para produsen komputer rakitan tersebut tidak turut menikmati keuntungan pasar laptop yang terus tumbuh. Penjualan laptop meningkat 104 persen di India tahun lalu sementara komputer desktop hanya mengalami peningkatan sebesar 15 persen.

Pertumbuhan pasar laptop yang pesat ini dipicu karena para produsen menurunkan harga jualnya. Namun, berbagai perusahaan masih ragu membeli laptop karena ketakutan mereka akan masalah keamanannya.

Karena itu, secara keseluruhan, pangsa pasar laptop masih berkisar pada angka 20 persen dari jumlah total penjualan komputer.

Tidak ada komentar: